Hati dan Perkataan

Bookmark and Share

para sufi pernah berkata : # Dunia Penuh dengan kebohongan, terkadang kita susah membedakan antara kebenaran dan ketidak benaran, kejujuran dan ketidak jujuran, kepastian dan ketidak pastian. #
Perkataan yang terucap dari bibir manusia jelas bisa di dengar oleh orang manusia yang lain, Namun perkataan yang keluar dari hati manusia jelas hanya diri sendiri dan tuhan yang mengetahuinya. Misalnya bisa saja kita berkata ” I LOVE U ” pada seseorang, Namun hanya kita sendiri yang mengetahui perkataan yang terucap dari bibir kita itu benar-benar ucapan yang berasal dari hati atau hanya terucap dari bibir saja.
Itu alasan utama para sufi berkata bahwa dunia penuh dengan kebohongan, karna memang kita susah membedakan hakekat yang sesungguhnya. dari apa yang kita dengar dan kita rasakan,

Hati yang retak
    Dalam buku retorika kaum bijak, terdapat bebera pepatah arab ungkapan dan nasehat dari paa ulama terdahulu, tertulis : "Walqolbu iza tanaafaro wudduha sibhu Al-zujaajati kasruha la yus'abu"  hati apabila sudah retak seperti kaca yang retak. bisa kembali disambung namun tetap saja masih berbekas. oleh sebab itu kita harus pandai-pandai menjaga hati kita sendiri terkhusus menjaga perasaan orang lain, agar supaya hubuungan kekerabatan antara kita dengan manusia yang lain dapat terjalin dengan baik tanpa ada dengki, tanpa ada hasut, dan tanpa ada permusuhan di antara sesama keturunan adam.

Obat hati
    Dalam album religi Opik yang di rilis  tahun 2005 yang berjudul obat hati, menyebutkan beberapa hal yang mungkin bisa kita lakkukan untuk mengobati hati kita :

Obat hati ada lima perkaranya
Yg pertama, baca Qur’an dan maknanya
Yang kedua, sholat malam dirikanlah
Yg ketiga, berkumpullah dengan orang-orang sholeh
Yg keempat, perbanyaklah berpuasa
Yg kelima, dzikir malam perpanjanglah
Salah satunya siapa bisa menjalani
Moga-moga Gusti Allah mencukupi



{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar