PENDAFTARAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2013/2014

Bookmark and Share

IAIN Sunan Ampel Surabayan Tahun Akademik 2013/2014 M

Seleksi Penerimaan Mahasiwa Baru (SPMB) program S-1 IAIN Sunan Ampel Tahun Akademik 2013/2014 dapat ditempuh melalui beberapa jalur, yaitu Jalur Prestasi (PMDK) /Tanpa Tes, Tes Gelombang I dan II, SNMPTN, SPMB-PTAIN, dan Mandiri. Penerimaan melalui jalur prestasi didasarkan pada prestasi yang dicapai calon mahasiswa ketika di SLTA (Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Umum), sedangkan penerimaan melalui  jalur tes didasarkan pada tingkat kemampuan dan keberhasilan calon mahasiswa dalam mengikuti tes. (untuk jalur SNMPTN, Mandiri dan SPMB-PTAIN diatur tersendiri).
Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru/SPMB IAIN Sunan Ampel bertujuan untuk:
  1. Melakukan seleksi calon mahasiswa baru yang berkualitas secara akademis;
  2. Perluasan akses pendidikan dengan prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif tanpa membedakan jenis kelamin, ras, suku, agama, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi;
  3. Menciptakan sistem penerimaan mahasiswa baru IAIN Sunan Ampel yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan yuridis.

A. JALUR PRESTASI (PMDK)/ TANPA TES
Tujuan
  1.  Memberi penghargaan kepada siswa-siswi yang berprestasi menjadi mahasiswa IAIN Sunan Ampel tanpa melalui tes pada semua jurusan yang dipilih.
  2.  Memperoleh mahasiswa yang memiliki kepribadian unggul yang diprediksi dapat berprestasi di IAIN Sunan Ampel.
Kriteria Peserta
  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK  kelas terakhir (kelas XII) yang akan mengikuti ujian nasional (UN) pada tahun 2013.
  2. Menyerahkan foto copy raport kelas XI semester gasal dan genap tahun 2011/2012, dan kelas XII semester Gasal tahun 2012/2013 dengan nilai rata-rata minimal 70  atau rangking 1 sampai 5 dalam kelas dan atau ;
  3. Bagi yang memiliki prestasi juara 1, 2 dan 3 MTQ pada masa studi di SMA/MA dan SMK menyerahkan foto copy sertifikat juara yang dilegalisir;
  4. Bagi  yang memiliki prestasi hafal al-Qur'an minimal 10 juz pada masa studi di SMA/MA dan SMK menyerahkan copy sertifikat hafal yang telah dilegalisir.
  5. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses perkuliahan.
  6. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
Syarat Pendaftaran
  1. Membayar pendaftaran di Bank Tabungan Negara (BTN) cabang pembantu IAIN Sunan Ampel sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Peserta mengakses formulir pendaftaran secara on-line di www.sunan-ampel.ac.id/pmdk2013/. Dengan memasukkan kode transaksi/jurnal dan password/PIN yang tertera pada kwitansi pendaftaran dari Bank BTN.
  3. Peserta  mencetak hasil pengisian formulir dan mencetak nomor Pendaftaran.
  4. Menyerahkan;
    • hasil cetak pengisian formulir
    • fotokopi  Kartu Tanda Siswa
    • foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar.
    • foto copy raport yang dilegalisir kelas XI semester gasal dan genap tahun 2011/2012, kelas XII semester gasal tahun 2012/2013 dengan nilai rata-rata masing-masing semester minimal 70 atau rangking 1 sampai 5 dalam kelas; dan atau
    • bagi yang memiliki prestasi juara I, II dan III MTQ  pada masa studi di SMA/MA dan SMK, menyerahkan foto copy sertifikat juara yang dilegalisir;atau
    • bagi yang memiliki prestasi hafal Al Qur’an minimal 10 juz pada masa studi di SMA/MA dan SMK, menyerahkan copy sertifikat hafal yang telah dilegalisir.
Waktu dan Tempat Pendaftaran
1.  Pendaftaran:4 Maret - 5 April 2013 
2.  Pengumuman:12 April 2013 
3.  Registrasi:16 – 29 April 2013 
                
Bagi peserta yang telah mendapatkan pengesahan kartu peserta oleh panitia pendaftaran, untuk jalur PMDK tinggal menunggu pengumuman kelulusan.
B.  JALUR TES
Tujuan
Memilih calon mahasiswa yang  berprestasi tinggi dan  berkepribadian  unggul  serta berminat mengikuti proses pendidikan d i IAIN Sunan Ampel.
Kriteria Peserta
  1. Lulusan SMA, MA, SMK, MAK yang berijazah negara (mengikuti ujian nasional);
  2. Lulusan Pondok Pesantren (KMI, TMI, MMI) yang telah disetarakan setingkat MA/SLTA yang dibuktikan dengan SK Penyetaraan dari Dirjen Pendidikan Islam;
  3. Lulusan paket C (dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dan fotokopi raport tiga tahun terakhir).
  4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu proses perkuliahan;
  5. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
Syarat Pendaftaran
  1. Membayar pendaftaran di Bank Tabungan Negara (BTN) cabang pembantu IAIN Sunan Ampel sebesar Rp. 150.000,- (seratus lima puluh ribu rupiah).
  2. Peserta mengakses formulir pendaftaran secara on-line di www.sunan-ampel.ac.id/spmb1/ atau www.sunan-ampel.ac.id/spmb2/. Dengan memasukkan kode transaksi/jurnal dan password/PIN yang tertera pada kwitansi pendaftaran dari Bank BTN.
  3. Peserta  mencetak hasil pengisian formulir dan mencetak nomor Pendaftaran.
  4. Menyerahkan :
    • hasil cetak pengisian formulir
    • fotokopi  Kartu Tanda Siswa
    • foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar
    • foto copy  ijazah SMA / MA yang telah dilegalisir / surat keterangan lulus (SKL) dari sekolah (bagi lulusan 2013). Untuk Lulusan paket C (dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus dan foto kopi rapor tiga tahun terakhir) sedang Lulusan Pondok Pesantren (KMI, TMI, MMI) yang telah disetarakan setingkat MA/SLTA yang dibuktikan dengan SK Penyetaraan pada ijazah
  5. Pendaftar yang memenuhi persyaratan (terverifikasi oleh panitia) nomor pendaftaran yang telah tercetak akan divalidasi (disahkan) oleh panitia.
Waktu dan Tempat Pendaftaran
Gelombang I :
Pendaftaran:1 - 31 Mei 2013
 Ujian Tulis dan Lisan:11 Juni 2013
 Pengumuman:21 Juni 2013
 Registrasi:25 Juni s.d 5 Juli 2013

Gelombang II :
 Pendaftaran:15 – 26 Juli 2013
 Ujian Tulis dan Lisan:1 Agustus 2013
 Pengumuman:16 Agustus 2013
 Registrasi:19 s.d 22 Agustus 2013
Khusus untuk peserta yang memilih prodi matematika baik pilihan I, II dan III wajib mengikuti ujian tulis matematika, sedang yang tidak memilih tidak boleh mengikuti ujian matematika (Jadwal pelaksanaan tes ada di kartu peserta).
Materi Ujian:
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Komponen Bahasa (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris)
  • Komponen Pengetahuan Agama & Umum (PAI dan IPS)
  • Matematika (bagi yang memilih Jurusan Pendidikan Matematika)
  • Ujian Lisan (Tes baca al-Qur’an)

Pengumuman seleksi penerimaan mahasiswa baru IAIN Sunan Ampel tahun 2013 di umumkan melalui website www.sunan-ampel.ac.id dan diumumkan secara tertulis di papan pengumuman IAIN Sunan Ampel Surabaya
Kontak Person:
  • Bpk Jainudin HP. 081 332 660 222 / 031 7086908
  • Bu Prihatin HP. 081 553 657 318 / 031 9133 0302
Pada jam kerja (08.00 – 15.00 WIB), mohon maaf tidak melayani SMS

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar